RSS

Kelemahan dan Kelebihan Motor New Mega Pro

07 Apr

 

Spesifikasi Honda New Mega Pro sendiri terbilang cukup ciamik dengan perubahan cukup significant di bagian modern lamp dan panel indikator yang stylish berikut spesifikasi Honda New Megapro  resmi.

Panjang X lebar X tinggi Honda New Mega Pro : 2.050 x 757 x 1.075 mm
Jarak Sumbu Roda Honda New Mega Pro : 1.313 mm
Jarak terendah ke tanah Honda New Mega Pro : 152 mm
Berat kosong Honda New Mega Pro : 136 kg
Tipe rangka Honda New Mega Pro : Pola Berlian (diamond steel)
Tipe suspensi depan Honda New Mega Pro : Teleskopik
Tipe suspensi belakang Honda New Mega Pro : Tunggal (monoshock) dapat di setel keras dan lembut
Ukuran ban depan Honda New Mega Pro : 80/100 – 17 M/C 46P – Tubeless
Ukuran ban belakang Honda New Mega Pro : 100/80 – 17 M/C 55P – Tubeless
Rem depan Honda New Mega Pro : Cakram hidrolik, dengan piston ganda
Rem belakang Honda New Mega Pro : Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Kapasitas tangki bahan bakar Honda New Mega Pro : 12,0 liter
Tipe mesin Honda New Mega Pro : 4 langkah, OHC, pendinginan udara
Diameter x langkah Honda New Mega Pro : 57,3 x 57,8 mm
Volume langkah Honda New Mega Pro : 149,2 cc
Perbandingan Kompresi Honda New Mega Pro : 9,5 : 1
Daya Maksimum Honda New Mega Pro : 10,1 kW / 8.500 rpm
Torsi Maksimum Honda New Mega Pro : 12,8 Nm / 6.500 rpm
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin Honda New Mega Pro : 1 liter pada penggantian periodik
Kopling Otomatis Honda New Mega Pro : Manual, Multiplate Wet Clutch
Gigi Transmsi Honda New Mega Pro : 5 kecepatan
Pola Pengoperan Gigi Honda New Mega Pro : 1-N-2-3-4-5
Starter Honda New Mega Pro : Pedal dan starter elektrik
Aki Honda New Mega Pro : MF 12 V – 5 Ah
Busi Honda New Mega Pro : NGK CPR8EA-9 / NGK CPR9EA-9
Sistem Pengapian Honda New Mega Pro : DC – CDICDI

Ini tentu sedikit berbeda dengan honda scoopy dan beberapa motor yang lain, disampaing harganya yang cukup terjangkau secara fisik cukuplah disebut motor sport, klo saya daripada beli bajaj mending beli honda New Mega pro, cek juga harga motor honda yang lain, klo perlu hp ada juga lho harga hp nokia terbaru untuk kirim kata bijak cinta ato kata mutiara cinta, semoga posting tentang Harga Honda New Mega Pro dan Spesifikasi Honda New Mega Pro bermanfaat.

Sumber: HARGA HONDA NEW MEGA PRO DAN SPESIFIKASI TERBARU – Peluang Usaha

 

Kisaran Harga Honda New MegaPro:

Ada dua varian dari New Mega Pro yang ditawarkan AHM sebagai produsen motor Honda di Indonesia. Yakni tipe pelek jari-jari (spoke wheel/SW) dengan banderol Rp18,3 juta, dan pelek racing (casting Wheel/CW) dengan harga Rp19,5 juta yang semuanya on the road Jakarta. (okezone)

New Mega Pro ini lebih tepat disekelaskan dengan Yamaha Bison (yang masih kembang kempis mau dikeluarkan kapan oleh Yamaha).

Sebab sama-sama 150 cc, mesinnya sama-sama berpendingin udara, desain cenderung mirip tapi jelas tak sama, dll

Tapi boleh-boleh saja kok kalau mau dibandingkan dengan Yamaha V-Ixion.
(di pihak Honda sendiri, menurut saya belum punya motor yang benar-benar bisa disekelaskan dengan V-Ixion)

Berikut ulasan perbandingan keduanya :

Mesin New Mega Pro :
150 cc, konfigurasi cenderung square (bore mendekati stroke) yaitu bore 57,3 mm x stroke 57,8 mm, SOHC, 1 klep masuk & 1 klep buang, rasio kompresi 9,5:1 (dianjurkan pakai Pertamax), berpendingin udara, daya maksimum 13,7 daya kuda pada 8500 RPM, serta torsi maksimum 12,8 Nm pada 6500 RPM.

Mesin V-Ixion ;
150 cc, konfigurasi cenderung square (bore mendekati stroke) yaitu bore 57 mm x stroke 58,7 mm, SOHC, 2 klep masuk & 2 klep buang, rasio kompresi 10,4:1 (dianjurkan pakai Pertamax Plus), berpendingin radiator, daya maksimum 14,88 daya kuda pada 8500 RPM, serta torsi maksimum 13,1 Nm pada 7500 RPM.

Kesimpulan dari mesin : lebih unggul V-Ixion

Suspensi depan sama-sama teleskopik
Suspensi belakang sama-sama monoshock
Rem depan sama-sama disc brake

Rem belakang New Mega Pro disc brake, rem belakang V-Ixion tromol (dari segi rem belakang unggul New Mega Pro).

Ban belakang dan depan New Mega Pro sama-sama tubeless, ban belakang dan depan V-Ixion sama-sama tube type (dari segi penggunaan ban lebih unggul New Mega Pro).

Bobot total :

New Mega Pro : 136 Kg
V-ixion : 125 Kg (lebih ringan)

Kapasitas tangki sama-sama 12 liter.

Tampilan secara umum lebih padat New Mega Pro dari pada V-Ixion.

Penggunaan ban New Mega Pro dan V-Ixion sama-sama menggunakan velg 17 inch. Tapi V-Ixion lebih ramping dengan ukuran depan 2,75 dan belakang 90/90 sedangkan New Mega Pro depan 80/100 dan belakang 100/80. Ukuran 2,75 pada ban depan V-Ixion itu setara 70/100.

Ket :
Ukuran metric xx/yy : xx adalah lebar ban dalam mm dan yy adalah tebal ban senilai yy persen dari xx. Contoh : 100/80 = lebar 100 mm, tebal 100 mm * 80% = 80 mm (jika hanya ditulis 100 saja, berarti sama dengan lebar 100 mm dan tebalnya 100 % dari 100 yaitu 100 mm), jadi akan terlihat lebih padat New Mega Pro.

Ukuran british aa/yy : aa adalah lebar ban dalam mm dan yy adalah tebal ban senilai yy persen dari aa. Contoh : 3.00/80 = lebar 3 inch, tebal 3 inch * 80% = 2.4 inch (jika hanya ditulis 3.00 saja, berarti sama dengan lebar 3.00 inch dan tebalnya 100 % dari 3 yaitu 3 mm)

Soal desain, tergantung selera, karena sama-sama medium sport, berlampu sama-sama meruncing ala paruh unggas, dll.

Harga lebih murah New Mega Pro dari pada V-ixion, tapi keduanya punya menu sendiri sesuai dengan harga yang diberi.

Kelebihan New Mega Pro :
1.New Mega Pro Design nya Lumayan Sport Istilahnya Buat “Street Fighter”…
2.Suspensinya juga bisa di atur tingkat Kelembutannya .. istilahnya ada 2 pegas ..
3.150 cc 4-tak SOHC 5-speed dengan mesin baru XRP..

Kekurangan New Mega Pro :
1.Mesin Berteknologi “Baru” XRP .. Blm tentu Bagus (50:50) tergantung hoki..
2.Namanya Motor BESAR ..Harga Jual Kembali SUPER Rendah ~
3.Motor New Mega Pro Ini Tidaklah Cocok untuk Orang yg Bertubuh Kecil (Perhatikan Dirimu)

Kelebihan Vi-Xion :
1. Mesinnya Halus di telinga .. Performa Mesin Lumayan Buat 150cc Motor GEDE ..
2. Mesin Injection ~ (gk Butuh Service)
3. Enak Buat Antar Pacar ~ (Tempat Duduk Belakang Lbh Tinggi) ~ (Khusus DEWASA) !!!

Kekurangan Vi-Xion :
1.Udh Banyak yg Pake ~
2.Udh Bosan Liatnya . ~

Kalau dilihat dengan seksama, motor baru “Honda New MegaPro” memiliki gaya street fighter dengan karakter lelaki berotot, padat, serta aerodinamis & modem. Gaya streetfighter terlihat lebih menonjol pada bagian tangki bensin. Selain itu, memiliki desain bodi sporti dan modern, dimana New MegaPro juga dilengkapi dengan disain baru pada lampu depan.

Panel meter Honda New MegaPro pakai sistem analog tachometer dan digital speedometer (dilengkapi jam digital). Perangkat ini tampaknya semakin lengkap karena sudah mengikuti trend dan perkembangan motorsport yang kini makin diminati oleh masyarakat. Desain panel meterpun terlihat lebih dinamis, kompak, bergaya dan  modern.

Monoshock

Secara teknis Honda New MegaPro ini mengaplikasikan fitur Adjustable Monoshock dengan dua pegas (atas dan bawah), dimana pegas bagian bawah dapat disetel (keras atau lembut) sesuai selera pemakai. Fitur monoshock ini memberikan tampilan sporti serta menjanjikan sensasi berkendara motorsport.

Mesinnya dibekali dengan teknologi XRP Engine (X-tra Responsive Performance Engine) 4 tak, SOHC, dan 5 percepatan. Kabarnya mesin New MegaPro ini punya tenaga untuk berkendara di perkotaan, serta hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Mesinnya diklaim oleh pihak Honda sudah menggunakan  teknologi Low Friction Parts antara lain Piston Bertekstur (Rough Surface Piston), Roller Rocker Arm & Crankshaft Bearing yang bisa berfungsi untuk mengurangi gesekan sehingga membuat mesin motor Honda New MegaPro ini bisa menjadi lebih efisien dan menghemat penggunaan bahan bakar.

Apalagi nih kelebihan lain dari motor terbaru PT AHM ini?

Untuk menjawab ini sebaiknya SL.com harus merasakan sendiri berkendara Honda New MegaPro, baik dipakai untuk harian maupun untuk touring. Ditunggu nih undangan dari PT AHM buat independent blogger SL.com agar bisa mengulas lebih dalam lagi. By the way, emang apa lagi sih yang mau ditelurkan PT AHM? Bagaimana pula dengan motor bermesin 250cc? Adakah harapannya?

Harga jual Honda New MegaPro (OTR DKI Jakarta) Rp. 19.500.000 Casting Wheel (CW), dan Rp. 18.300.000 (model spoke/jari-jari).

 

About these ads
 
Leave a comment

Posted by on April 7, 2011 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: